EjB3vSKmQo697EadCV9cGlL38GnDuoUNUgLqklCB
Bookmark

Mengenal Kelemahan dan Kelebihan Orang Introvert dalam Membangun Hubungan

Ada beragam faktor dan ciri khas seseorang dalam membangun hubungan, yang kemudian hal itu sangat menentukan cara mereka menjalaninya dan salah satunya adalah kepribadian. Misalnya pada orang introvert sering dianggap sebagai individu yang lebih suka menghabiskan waktu sendirian daripada berada dalam kerumunan orang. 

Sehingga banyak orang yang menganggap bahwaa orang introvert sangat sulit membangun hubungan dengan orang lain, apalagi ingin mendekatinya. Mereka cenderung membandingkan dengan kepribadian ekstrovert, yang lebih dianggap mudah untuk membangun relasi dengan lingkungan sosialnya.

Mengenal kelemahan dan kelebihan orang introvert dalam membangun hubungan
Gambar. Mengenal kelemahan dan kelebihan orang introvert dalam membangun hubungan.

Sebenarnya orang dengan kepribadian introvert juga memiliki keunikan tersendiri dan itu bisa menjadi kelebihan mereka pada saat menjalani suatu hubungan. Untuk itu pada pembahasan kali ini kita akan mencoba mengenal lebih jauh apa saja kelemahan dan kelebihan orang introvert dalam hubungan.

Pengertian Kepribadian Introvert

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana orang dengan kepribadian introvert membangun hubungan? Alangkah baikanya kita memahami terlebih dahulu dengan istilah tersebut. Adapun beberapa pengertian yang diberikan oleh para ahli tentang kerpibadian introvert, yaitu sebagai berikut:

  • Carl Gustav Jung (1921)

Seorang psikolog dari Swiss yaitu Carl Jung (1921) telah memperkenalkan teori kepribadian introvert, yaitu sebagai individu yang lebih cenderung terpusat pada dunia mereka sendiri. Mereka dikenal dengan orang yang intropektif ketika ingin berinteraksi di lingkungan sosialnya.

  • Hans Eysenck (1967)

Psikolog dari Inggris bernama Hans Eysenck (1967) juga membicarakan konsep kepribadian introvert. Menurutnya mereka adalah individu dengan ciri-ciri memiliki sifat tenang, kaku, pendiam, pemikir, kurang bergaul, mawas diri, bersikap hati-hati, pemikir dan lebih menjaga privasi.

Berdasarkan definisi di atas orang dengan kepribadian introvert bukan berarti mereka tidak produktif dalam membangun hubungan dengan orang lain. Hanya saja mereka lebih menyukai privasi, sehingga selalu waspada dan selektif ketika ingin berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Kelemahan Orang Introvert dalam Membangun Hubungan

Menurut (Parviz Alavinia, 2012) individu dengan kepribadian introvert tidak selalu bersikap pasif, pemurung atau tidak bergaul, kepribadian introvert bisa saja individu yang aktif, periang dan suka bersosialisasi, introvert juga perlu privasi, butuh ketenangan.

Orang kepribadian introvert yang cendurung selektif dalam membangun relasi dengan lingkungan sekitar, memang akan terlihat beberapa kelemahan. Hal itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya sendiri, dan bahkan orang lain yang membangun hubungan dengan mereka. Adapun kelemahan tersebut akan diuraikan sebagai berikut:

1. Kesulitan Memulai Percakapan

Kelemahan pertama, yang dimiliki oleh orang yang berkepribadian introvert ketika membangun hubungan adalah adanya kesulitan katika ingin memulai berkomunikasi. Apalagi dengan orang yang baru dikenal, mereka mungkin lebih cenderung diam atau minim mencari inisiatif dalam membuka percakapan.

2. Keterbatasan Jaringan Sosial

Orang introvert dengan kepribadian ekstrovert memang memiliki perbedaan, yang pertama lebih cenderung mempunyai lingkaran sosial yang kecil dan hal itu berbeda dengan orang ekstrovert. Sehingga hal ini akan menjadi kelemahan dan tantangan mereka dalam membangun dan memperluas hubungan dengan orang lain yang berbeda-beda.

Bagi pribadi orang introvert akan sangat sulit menjalin hubungan baik itu pertemanan maupun mencari pasangan, karena mereka merupakan orang yang tidak mudah untuk menerima orang lain memasuki kehidupannya. Di sisi lain bagi mereka yang sedang membangun hubungan dengan orang introvert akan cenderung sulit memperkenalkan teman atau sahabat mereka pada orang dengan jenis kepribadian ini.

3. Kesulitan dalam Menyampaikan Perasaan

Kelemahan orang dengan kepribadian introvert selanjutnya adalah ketika adanyan keinginan dalam membangun hubungan. Mereka cenderung mereasa kesulitan pada saat ingin menyampaikan perasaan ke orang lain, dan bahkan terkadang bisa saja mereka tidak mengetahui caranya.

Adanya perasaan menyukai pada seseorang adalah hal yang lumrah bagi semua orang, tapi berbeda halnya dengan orang dengan tipe kepribadian introvert ini. Mungkin karena mereka terlalu selektif atau menganggaap itu sebagai suatu privasi dan membutuhkan waktu yang tepat dan kenyamanan untuk memulai menyampaikannya.

4. Terganggu oleh Lingkungan Ramai dan Berisik

Tipe kepribadian introvert dalam hubungan memiliki kelamahan, mereka cenderung tidak menyukai keramaian dan lingkungan yang berisik. Sehingga dalam konteks pada saat seseorang menjalani hubungan dengan mereka mungkin akan merasa kesulitan.

Baca Juga: Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli dan 10 Ranah Kepribadian dalam Psikologi.

Misalnya ada seseorang yang menjalani hubungan dengan orang introvert, mereka akan merasa kesulitan apabila ingin mengajak pasangan yang introvert untuk nongkrong di tempat ramai, karena hal itu malah akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

5. Tidak Nyaman dengan Perubahan Sosial yang Cepat

Kelamahaan orang introvert dalam suatu hubungan, selain dari lingkungan sosial yang ramai adalah adanya perasaan tidak nyaman dengan terjadinya perubahan situasi di dalamnya. Hal itu terjadi karena mereka adalah orang yang terstruktur, jadi suka merencanakan sebelumnya apa yang akan mereka ingin lakukan.

Untuk itu apabila ada seseorang yang berencana mengajak mereka ke suatu tempat, namun tiba-tiba mereka mengubahnya. Maka hal itu bisa jadi sangat tidak menyenangkan bagi orang dengan kepribadian introvert, apalagi situasi tempat tersebut telalu ramai bagi mereka.

Kelebihan Orang Introvert dalam Membangun Hubungan

Setiap orang pasti memiliki kelemahan, dan tentunya bukan berarti mereka tidak ada kelebihan di dalam dirinya. Orang dengan tipe kepribadian introvert juga terdapat keunikan tersendiri yang sangat berarti dalam suatu hubungan, sebagaimana yang akan diuraikan berikut ini:

1. Pendengar yang Baik

Kelebihan menjalani hubungan dengan orang introvert adalah mereka bisa menjadi pendengar yang sangat baik. Tipe kepribadian ini memang tidak terlalu banyak bicara, namun bukan berarti mereka mengabaikan apa yang dibicarakan oleh orang lain.

Sebagai pasangan yang introvert mereka bisa dipercayai sebagai wadah untuk tempat bercerita. Mendengar apa yang dikatakan orang lain, bisa saja salah satu cara untuk mengenal dan membuat hubungan lebih dekat lagi

2. Kedalaman Emosional

Kedalaman emosional orang introvert itu sangat luar biasa, sehingga mereka cenderung mendengar apa yang dikatakan oleh orang lain dan berusaha untuk merenung serta ingin terlibat ke dalam perasaan orang tersebut. 

Artinya adanya kepekaan atau empati ketika memulai percakapan dengan individu dengan tipe kepribadian seperti ini. Dengan demikian hal itu dapat  memperkuat ikatan emosional dalam suatu hubungan.

3. Memahami Privasi Orang Lain

Kelebihan memiliki pasangan yang introvert adalah mereka dapat menjaga privasi orang lain. Sehingga apa yang diceritakan padanya, tidak hanya untuk didengar tapi mereka tau menjaga hal itu agar tidak menjalar lebih luas lagi.

Hal itu memungkinkan karena mereka juga orang yang cenderung menjaga batasan dengan orang lain, maka sapa yang menjadi privasi bagi pasangannya juga akan cenderung mereka jaga.

4. Komitmen yang Kuat

Orang introvert sangat menyukai situasi yang stabil, sehingga apa yang sudah mereka rencanakan dan membuat keputusan maka hal itu akan terus dijaga. Hal inilah yang menjadikan mereka memiliki komitmen dalam suatu hubungan. 

Post a Comment

Post a Comment