EjB3vSKmQo697EadCV9cGlL38GnDuoUNUgLqklCB
Bookmark

Apa Itu Crab Mentallity? Mengenal Teman Yang Cemburu Dengan Kesuksesan Kita

Mencapai kesuksesan dalam kehidupan adalah hal yang sangat membanggakan bagi diri kita. Namun siapa sangka dibalik semua itu ada saja orang yang merasa iri hati dan cemburu melihat apa yang telah kita capai.

Lantas bagaimana itu bisa terjadi dan apa alasan orang iri hati atau cemburu melihat kesuksesan yang telah kita capai? Tentu saja semua ada dan bisa terjadi pada orang-orang di sekitar kita yang bahkan kita anggap mereka baik, dan orang-orang seperti ini terkadang disebut sebagai crab mentallity.

Apa Itu Crab Mentallity? Mengenal Teman Yang Cemburu Dengan Kesuksesan Kita
Gambar. Apa itu crab mentallity? Mengenal teman yang cemburu dengan kesuksesan kita. Sumber. pixabay.com

Untuk itu dalam pembahasan ini kita akan mencoba memahami apa itu crab mentallity? Kemudian alasan seseorang iri atau cemburu melihat kesuksesan kita, serta cara kita mengatasi hal itu.

Apa itu Crab Mentality?

Crab mentallity adalah istilah metaforis yang diambil berdasarkan perilaku kepiting dan kemudian hal itu dianggap juga banyak manusia yang melakukannya. Lantas perilaku kepiting mana yang pada manusia juga telah mempraktikannya?

Sebelum itu kita akan melihat bagaimana pengertian crab mentallity yang dikemukakan oleh Scot, S.J. (2018) crab mentallity atau mentalitas kepiting adalah metafora untuk bagaimana manusia merespons ketika mereka melihat orang lain di sekitar mereka mencapai semacam kesuksesan yang tidak dapat mereka capai sendiri.

Misalnya ada satu kepiting yang dimasukan ke dalam ember, kemudian anda bisa melihatnya berusaha keluar dari dalam ember dengan capitnya. Ia bisa saja akan berhasil keluar jika tidak ada yang mengganggunya.

Apa Itu Crab Mentallity? Mengenal Teman Yang Cemburu Dengan Kesuksesan kita
Gambar. Apa itu crab mentallity? Mengenal teman yang cemburu dengan kesuksesan kita. Sumber. pixabay.com

Pada contoh berikutnya anda bisa menaruh kepiting dengan jumlah 3 atau lebih ke dalam ember, kemudian anda bisa melihat ada salah satu dari kepiting tersebut berusaha agar berhasil keluar dari dalam ember. Namun kepiting yang lain berusaha untuk menarik dengan capitnya sehingga kepiting yang hampir berhasil keluar itu jatuh kembali ke dalam ember kembali.

Contoh di atas adalah bagian dari apa yang dimaksud dengan crab mentallity, yang artinya ada sekelompok kepiting yang terjebak dalam ember tidak menginginkan kepiting yang lain berhasil keluar dari ember tersebut. Mereka tidak suka apabila ada kepiting yang berhasil keluar sehingga mereka harus menariknya kembali ke dalam ember dan gagal sebagaimana kondisi mereka saat itu.

Perilaku inilah yang disebut dengan mentalitas kepiting atau crab mentallity, hal ini pastinya anda juga akan temui pada manusia atau orang-orang di sekitar anda, yang cemburu, iri atau tidak suka melihat ketika anda mencapai kesuksesan.

Scot, S.J. (2018) memberikan argumen dasar dari orang-orang yang mentalitas kepiting dengan semboyan dalam diri mereka, yaitu "Jika saya tidak bisa memilikinya, Anda juga tidak bisa." Artinya ada orang yang menginginkan kita jatuh atau gagal karena mereka belum berhasil.

Sehingga mentalitas kepiting atau crab mentallity artinya juga sifat cemburu atau iri ketika melihat orang lain mencapai kesuksesannya. Dengan perilaku seperti itu mereka juga akan berusaha mencoba menjatuhkan siapa saja yang dilihat akan sukses, sebagaimana pada contoh kawanan kepiting di atas.

Dalam hubungan pertemanan mereka dapat dikategorikan sebagai teman yang beracun, atau yang biasa kita sebut dengan toxic friendship. Cara mereka untuk menjatuhkan orang ingin maju tidak hanya bersifat fisik, melainkan bisa bersifat psikologis seperti mematahkan semangat seseorang agar menyerah dan berhenti berjuang mencapai kesuksesan.

9 Tanda Teman yang Cemburu Dengan Kesuksesan Anda

Bagaimana mengenali ciri-ciri crab mentallity? Bila fakta menjelaskan bahwa ternyata di balik kesuksesan kita terdapat banyak orang yang mempunyai perilaku crab mentality atau sifat cemburu dan iri di sekitar kita. Lantas apa ciri-ciri orang yang cemburu dan iri dengan kita? Bagaimana cara mereka menjatuhkan seseorang?

Pertama yang perlu diketahui adalah perilaku orang mentalitas kepiting tidak secara langsung menyerang fisik, melainkan juga psikologis seseorang yang akan menjadi korbannya. 

Scot, S.J. (2018) menerangkan bahwa ketika orang-orang dengan mentalitas kepiting melihat orang lain di sekitar mereka maju, mereka secara tidak sadar (atau bahkan secara sadar) seakan-akan membantu namun intinya adalah menghalangi kemajuan mereka.

Hal inilah yang menjadi cara mereka menjatuhkan seseorang dengan berupaya menghalang-halangi jalan menuju kemajuan. Secara psikologis mereka menjatuhkan semangat seseorang, seperti memberikan kesedihan atau perasaan ketakutan pada orang yang sedang berusaha agar mereka tidak berhasil mencapai kesuksesannya.

Dalam hati orang crab mentallity yaitu mereka sengsara, sehingga mereka juga menginginkan orang lain juga harus sengsara seperti mereka yang dilakukan dengan berbagai macam cara. Adapun terdapat 9 tanda teman yang cemburu dengan pencapaian kita, yaitu sebagai berikut:

1. Merasa tidak nyaman dengan kesuksesan orang lain

Orang yang memiliki crab mentality cenderung merasa tidak nyaman atau cemburu ketika melihat orang lain mencapai kesuksesan atau mencapai hal-hal yang baik dalam hidup.

2. Mencoba merendahkan orang lain

Mereka akan berusaha merendahkan atau meremehkan pencapaian orang lain. Mereka mungkin menggunakan komentar sinis, kritikan, atau bahasa yang merendahkan untuk mencoba mengurangi arti dari kesuksesan orang lain.

3. Tidak mau memberikan dukungan

Mereka enggan memberikan dukungan, semangat, atau dorongan kepada orang lain dalam mencapai tujuan mereka. Mereka mungkin merasa terancam atau takut kehilangan posisi atau perhatian jika orang lain berhasil.

4. Suka menyebarkan gosip negatif 

Orang dengan crab mentality seringkali suka menyebarkan gosip negatif atau informasi yang merugikan tentang orang lain. Mereka berharap bahwa dengan mengurangi reputasi orang lain, mereka akan terlihat lebih baik atau lebih unggul.

5. Menghambat keberhasilan orang lain

Mereka bisa mengambil tindakan yang merugikan untuk menghambat kesuksesan atau pencapaian orang lain. Ini bisa termasuk menghalangi peluang, menyebarkan informasi palsu, atau bahkan sabotase.

6. Menyebutkan kegagalan orang lain

Mereka suka mengingatkan orang lain tentang kegagalan atau kesalahan masa lalu. Mereka mungkin senang mengaitkan kesuksesan orang lain dengan kegagalan-kegagalan sebelumnya untuk menurunkan semangat dan kepercayaan diri orang tersebut.

7. Tidak mau belajar dari orang lain

Orang dengan crab mentality enggan belajar dari kesuksesan atau keahlian orang lain. Mereka mungkin merasa terintimidasi atau takut bahwa keberhasilan orang lain akan mengungkapkan kekurangan mereka sendiri.

8. Rasa persaingan yang berlebihan 

Mereka memiliki rasa persaingan yang berlebihan dan sering kali merasa terancam oleh keberhasilan orang lain. Mereka melihat keberhasilan orang lain sebagai ancaman terhadap posisi atau perhatian yang mereka inginkan.

9. Tidak mau berbagi informasi atau kesempatan

Mereka enggan berbagi informasi atau kesempatan yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Mereka cenderung ingin menjaga keunggulan atau keistimewaan untuk diri sendiri, dan tidak mau melihat orang lain berhasil seperti mereka.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan sikap negatif tersebut memiliki crab mentality, dan beberapa mungkin mengalami masalah atau ketidakpercayaan pribadi yang membuat mereka bertindak demikian. Namun, jika Anda melihat pola perilaku yang merugikan dan menghambat perkembangan diri atau orang lain, penting untuk menjaga jarak dan menghindari pengaruh negatif tersebut.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Orang Crab Mentallity

Sadar atau tidak dalam kehidupan ini orang-orang yang kita habiskan waktu bersama mereka, sebenarnya sangat berpengaruh terhadap cara kita berpikir, perilaku dan mengambil keputusan. Bila kita berada pada orang-orang salah, maka itu akan berdampak buruk pada diri kita sendiri.

Sebagaimana yang kita ketahui banyak sekali orang-orang di sekitar kita dengan mentalitas kepiting. Selain kita mengetahui tanda-tanda crab mentallity, dengan demikian juga harus mengetahui cara mengatasi orang-orang yang cemburu dan iri hati kepada kita.

Adapun terdapat beberapa cara agar diri kita dikelilingi oleh orang-orang yang akan membantu kita berkembang, dan menghindari orang-orang dengan mentalitas kepiting (crab mentallity). Beberapa cara mengatasi orang yang cemburu dan iri hati kepada kita, yaitu sebagai berikut:

1. Cari Lingkungan yang Baik

Yang dimaksud dengan lingkungan yang baik adalah pertemanan atau bersama kelompok dengan orang-orang yang dapat mendukung rencana besar anda. Tidak hanya itu lingkungan itu juga harus mampu membantu anda untuk mewujudkan kesuksesan yang anda impikan.

2. Bertanggung Jawab

Hubungan pertemanan yang dibangun tidak hanya dengan kemauan akan dorongan dan berkata-kata saja. Melainkan buatalah mereka merasa bertanggung jawab atas tercapainya setiap rancangan yang sudah anda buat, dan mereka senang ketika melakukanya atas kebrhasilan tersebut.

3. Menghadiri Pertemuan Lokal

Temukan Pertemuan di area Anda yang terkait dengan topik yang Anda minati. Ini akan membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama yang memiliki tujuan sukses yang sama.

4. Tetap Memotivasi Diri Sendiri

Kita memang membutuhkan motivasi untuk selalu berkembang, namun hal itu jangan sampai membuat kita ketergantungan dengan orang lain. Apabila anda mengetahui sedang dalam pertemanan yang toxic, maka anda harus keluar dan belajar memotivasi diri sendiri. Karena teman yang toxic tidak akan pernah melakukan hal yang bermanfaat untuk kesuksesan anda.

Anda bisa memotivasi diri sendiri dengan mendengarkan musik dan membaca buku-buku yang bisa menjaga atau membangkitkan semangat anda. Di sisi lain anda bisa melakukannya dengan menulis visi-misi anda, agar tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

5. Berbagi Pandangan dan Minat Dengan Orang yang Tepat

Kita harus memberikan pandangan pribadi kita tentang masa depan dengan orang lain, agar mendapatkan orang yang berpikiran atau minat yang sama. Hal itu dengan harapan agar bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan. Namun yang harus diingat adalah mereka yang anda ajak tentunya harus pada orang yang tepat, dan tidak pada semabarang orang.

6. Bergabung Dengan Kelas 

Maksud dari bergabung dengan kelas adalah komunitas atau lembaga yang menyiapkan program-program kelas yang sesuai dengan minat anda. Sehingga anda bisa mendapatkan lingkaran pertemanan yang sesuai dan saling mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan anda.

Referensi

Manjari, Shreya. 2021. 9 Signs Your Friend is Jealous of Your Success. Diakses Pada 8 November 2022. https://www.morninglazziness.com/friendship/friends-are-jealous-of-your-success/


Scot, S.J. 2018. How the Crabs in a Bucket Mentality is Holding You Back. Diakses Pada 8 November 2022. https://www.developgoodhabits.com/crabs-bucket/

Post a Comment

Post a Comment